Tips Cara Menyembuhkan Sariawan

Desember 01, 2016
Sariawan adalah salah satu permasalahan mulut yang sering dialami banyak orang, sariawan atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan stomatitis yang merupakan radang yang terjadi pada mukosa pipi bagian dalam mulut, biasanya merupakan bercak putih kekuningan ada yang berupa bercak tunggal, ada pula yang berupa bercak yang berkelompok. 

Tips Cara Menyembuhkan Sariawan


Penyakit ini dapat menyerang selaput lendir pipi bagian dalam bibir, bagian dalam lidah, gusi serta langit-langit dalam mulut. Walaupun Penyakit ini tidak tergolong penyakit berbahaya akan tetapi sariawan sangat mengganggu atau  dapat mempengaruhi kenyamanan hidup anda karena rasanya yang sangat perih. 

Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk meredakan sariawan : 

1. Hindari makanan pedas dan asam 
Jika sariawan sedang menyerang anda solusi terbaik untuk meredakan rasa sakit ialah menghindari makanan dengan rasa pedas atau buah-buahan yang asam  karena pedas dan asam dapat mengiritasi mulut sehingga membuat luka sariawan bertambah perih

2. Sikat gigi dan flossing setelah makan
Setelah makan anda bisa mencoba untuk menyikat gigi dan flossing supaya membantu menghilangkan partikel makanan yang terjebak di antara gigi anda, sehingga pertumbuhan bakteri menjadi terbatas dan sariawan pun akan sembuh lebih cepat. 

3. Hindari pasta gigi atau obat kumur dengan kandungan tertentu 
Pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate dan alkohol, lebih baik dihindarkan dulu karena bahan tersebut sangat keras pada jaringan lunak sehingga dapat memicu  sariawan bertambah parah .

4. Penuhi kebutuhan nutrisi 
Jika anda kena sariawan yang membandel bisa jadi karena anda  kekurangan nutrisi tertentu seperti zat besi atau vitamin B12. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut anda dapat memakan kacang-kacangan dan sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli, karena sayuran ini mengandung folat, untuk mendapatkan zat besi anda bisa mengkonsumsi dari tuna dan telur dan anda juga dapat mengkonsumsi suplemen apabila dibutuhkan 

5. Redakan stres 
Stres juga bisa memicu luka, menjaga tidur agar mendapatkan cukup tidur dan menemukan cara untuk meredakan ketegangan dan membantu mencegah hingga menyembuhkan sariawan. Kadang sariawan bisa dihubungkan dengan penyakit tertentu walaupun jarang seperti radang usus. 

6. Kumur dengan air garam 
Anda dapat mencoba berkumur dengan air garam atau menggunakan salep topikal untuk mempercepat penyembuhan, biasanya sariawan akan sembuh dalam berapa hari tetapi bila memiliki sariawan berat yang amat menyakitkan anda dapat pergi ke dokter.

Demikian tips cara menyembuhkan sariawan, jangan lupa jika sariawan dalam beberapa hari tidak sembuh lebih baik anda segera memeriksaakan ke dokter, agar anda dapat di berikan obat yang tepat, trima kasih telah membaca artikel saya, mudah-mudahan bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Miliana
AUTHOR
2 Juni 2020 pukul 15.22 delete

suka banget sariawan makasih tipsnya

logo danone aqua

Reply
avatar