Cara Cepat Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Januari 29, 2017
Gusi bengkak atau gingivitis merupakan peradangan dan infeksi pada jaringan gusi, sumber infeksi yaitu bakteri yang menghuni rongga mulut menginfeksi gigi atau flek mengeras dan menjadi karang gigi, gusi bengkak biasanya ditandai  dengan kemerahan dan bengkak pada jaringan gusi, akibat gusi yang bengkak mengakibatkan perasaan yang tidak nyaman sakit perdarahan sementara saat menyikat gigi, nyeri atau rasa sakit pada gusi rasa tidak enak di mulut, bau mulut pembentukan nanah di antara gigi dan gusi.
Cara Cepat Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami


Akibat yang sering terjadi pada gusi bengkak biasanya disebabkan kurangnya menjaga kebersihan mulut sering mengkonsumsi makanan yang manis secara berlebihan seperti permen misalnya dan terdapat adanya infeksi dalam gigi dan gusi, alergi pemakaian kawat gigi atau behel yang terlalu rapat bisa juga menyebabkan terjadinya gusi membengkak karena tekanan pada gusi, asupan vitamin C yang kurang dan juga kurangnya mengkonsumsi makanan sehat juga dapat mempengaruhi pembengkakan pada gusi.

Berikut cara mengobati gusi bengkak secara alami

1. Berkumur air garam 
berkumur dengan air garam sangat baik untuk meredakan pembengkakan gusi sebab di dalam garam terdapat zat antiseptik yang bisa melawan kuman penyebab gusi bengkak. Anda bisa melakukan berkumur dengan air garam sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari yang kemudian dilanjutkan dengan memakai air bersih dan jangan lupa lakukan secara teratur insya Allah gusi bengkak akan segera sembuh.

2. Berkumur dengan daun sirih
untuk mengobati gusi bengkak dengan menggunakan daun sirih yaitu dengan cara ambil daun sirih kurang lebih 10 lembar kemudian campuran kunyit dan garam secukupnya kemudian masukkan ke 3 bahan tersebut dalam 500 cc air kemudian rebus ke tiga bahan tersebut biarkan sehingga mendidih setelah itu saring airnya dan gunakan air tersebut untuk berkumur bisa juga diminum lakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari secara teratur tentunya.

3. Lada hitam dan minyak cengkeh
untuk meredakan gusi bengkak caranya yaitu mengoleskan minyak cengkeh dengan sedikit lada hitam pada  gusi yang bengkak bahan ini mampu untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan akibat gusi bengkak.

4. Pijatan gusi
pemijatan gusi yaitu anda dapat menggunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkat pastikan tangan anda bersih agar tidak memicu adanya bakteri lain pada mulut Anda, pijatan gusi ini merupakan cara yang bagus untuk mengurangi rasa sakit akibat gusi bengkak.

5. Berkumur dengan Hidrogen peroksida atau baking soda
berkumur dengan baking soda untuk mengurangi rasa sakit gusi dan mencegah tersebarnya bakteri penyebab pembengkakan gusi.

6. Madu
madu juga dapat digunakan  untuk mengobati gusi bengkak caranya sebagai berikut tuangkan madu ke sendok teh oleskan madu tersebut ke gusi yang bengkak lakukan 3 kali dalam sehari agar gusi yang bengkak tersebut segera kempes,  lebih baik waktu mengoleskan madu ketika mulut dalam keadaan bersih misalnya habis menggosok gigi.

7. Bawang putih 
caranya yaitu kupas satu siung bawang putih kemudian haluskan kemudian oleskan bawang putih yang sudah di halus tersebut ke bagian gusi yang bengkak

8. Lemon
lemon ini selain bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan buah lemon ini juga bisa digunakan untuk mengempeskan gusi bengkak caranya yaitu lemon segar kita beras kita ambil sari lemonnya campur kan perasan lemon dengan segelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur lakukan cara ini 2 kali sehari.

9. Jangan lupa sikat gigi secara rutin
menyikat gigi secara teratur dua atau tiga kali dalam sehari sangat penting untuk menghindari sakit gigi / bengkak pada gusi.

Demikian cara alami untuk mengobati gusi bengkak akan tetapi bila cara yang saya tulis diatas tidak berhasil sebaiknya segera Anda memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut demikian artikel saya mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar