Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung

Januari 26, 2017
Perut kembung dapat disebabkan oleh pencernaan makanan atau minuman tertentu, perut kembung merupakan gangguan pencernaan dimana penderita merasakan perutnya tidak nyaman karena terasa penuh,bukan hanya pada orang dewasa tapi juga pada anak-anak bisa terkena perut kembung, mengalami perut kembung pasti sangat mengganggu aktifitas sehari-hari tentunya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung


Gejala yang umum timbul akibat perut kembung antara lain :
perut terasa penuh sesak atau pembengkakan pada bagian perut (buncit),  bersendawa menjadi lebih sering frekuensinya,  perut terasa bergejolak buang angin secara berlebihan.

Penyebab perut kembung antara lain

  1. menelan udara baik saat makan ataupun ketika minum air 
  2. sembelit 
  3. merokok 
  4. makan terlalu cepat 
  5. berat badan meningkat 
  6. pertumbuhan bakteri terlalu cepat di usus kecil,  naik turunnya hormon khususnya pada wanita yang sedang mengalami premenstrual syndrome .


Berikut solusi cepat yang bisa anda gunakan untuk meredakan perut kembung dengan segera dan juga perubahan jangka panjang yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah masalah perut kembung antara lain :

1. Coba pijat perut anda 
Perut kembung disebabkan oleh timbunan gas dalam lambung dan usus anda, dengan memijat bagian ini dapat memudahkan gas melewati saluran cerna sehingga Anda bisa cepat mengeluarkan gas yang berlebihan tersebut.
caranya :
berbaringlah terlentang dan gosokkan tangan anda ke perut dengan cara memutar kemudian teruskan memijat hingga sekitar kurang lebih 15 menit atau hingga anda merasa kembung berkurang dan gasnya keluar. Ketika memijat tubuh dapat berbaring atau berdiri, jika tubuh anda membungkuk atau dalam posisi duduk  anda akan lebih sulit mengeluarkan gas.
Anda dapat meminta orang lain untuk memijat perut anda mintalah seseorang untuk menggosok perut anda sembari Anda berbaring atau berdiri.

2. Coba berolahraga 
Berolahraga adalah cara lainnya untuk membantu mengeluarkan gas dari tubuh anda lebih cepat, jika ada waktu berlari berenang atau bersepeda selama paling tidak kurang lebih 30 menit, berjalan cepat selama kurang lebih 30 menit juga bisa membantu anda untuk mengeluarkan gas, intinya adalah pergerakan tubuh selama waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan gas dari tubuh anda.

3. Meningkatkan jumlah minum air putih 
Air akan mengeluarkan natrium dan cairan dari tubuh Anda sehingga menjadi faktor penting dalam meredakan perut kembung minumlah beberapa liter air saat perut kembung, hindari minuman yang mengandung gula atau garam karena akan membuat perut anda semakin kembung.

4. Mengurangi konsumsi makanan yang banyak menghasilkan gas 
misalnya sayuran kol, kubis, brokoli, kembang kol, selada paprika hijau, kentang, bawang bombay dan biji-bijian serta  makanan yang mengandung lemak
minuman yang mengandung soda gula dan pemanis buatan serta buah-buahan seperti apel pir melon pisang dan pepaya lebih baik dihindari dulu.

5. Hindari minum pakai sedotan 
Minum dengan menggunakan sedotan akan membuat perut menjadi kembung.

Demikian artikel tentang gejala, penyebab perut kembung serta cara mengobatinya, mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih telah mampir di blog saya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar